Lontong Balap Surabaya


Lontong Balap Surabaya yang cukup kondang seantero Surabaya adalah Long Balap Garuda Pak Gendut yang dulunya berjualan sebagai pedagang kaki lima di Jalan Kranggan. Tapi sekarang tempat jualannya sudah pindah, tidak di kaki lima lagi. Sekarang Lontong Balap Garuda Pak Gendut bisa dinikmati di sebuah ruko yang terletak di Jalan Prof. Dr. Moestopo tepat di depan Kantor PDAM Surabaya. Tempat yang baru ini tentu saja lebih representatif dan lebih nyaman menurut saya.

Seperti lontong balap kebanyakan, lontong balap Pak Gendut ini dalam penyajiannya terdapat irisan lontong yang dicampur dengan kecambah yang sangat banyak, kemudian dilengkapi dengan irisan tahu goreng, lentho, dan bawang goreng. Semua bahan tadi kemudian disiram dengan kuah yang berasa gurih. Seperti namanya yang memang sudah melegenda, lontong balap Pak Gendut rasanya memang enak walaupun nggak berbeda secara signifikan dibanding lontong balap lainnya. Terutama kuahnya yang gurih dan segar. Apalagi sambal petisnya juga sangat terasa pedasnya. Walaupun kebanyakan isinya cuma kecambah, tapi satu porsi lontong balap sudah cukup membuat perut kenyang. Kalau mau, tersedia juga sate kerang yang bisa dinikmati bersama dengan lontong balap.

Seiring dengan meningkatnya kenyamanan karena pindah di sebuah ruko yang lebih bagus, tidak di kaki lima lagi, harga lontong balap Pak Gendut juga mengalami peningkatan. Harganya memang jauh lebih mahal dibanding lontong-lontong balap yang dijual di kaki lima kebanyakan. Monggo yang mau mencicipi Lontong Balap Garuda Pak Gendut.

Lontong Balap Surabaya menjadi makanan yang wajib anda cicipi jika mampir ke Surabaya.

disarikan dari wijanarko

0 comments